Pengaruh dan Manfaat Digital Marketing dalam Dunia Usaha

2021-06-02 13:13:20


Dalam dunia usaha, kita mengenal ada berbagai divisi atau bagian perusahaan yang bertanggung jawab terhadap tugas dan fungsinya masing-masing. Contohnya saja, ada departemen produksi, departemen administrasi dan keuangan, departemen keamanan, departemen pemasaran dan lain sebagainya.

Departemen pemasaran inilah yang berfungsi sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena ia bertugas untuk merencanakan berbagai macam jenis pemasaran produk dan merancang berbagai strategi penjualan lain agar perusahaan bisa mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi.

Salah satu ragam promosi yang dilakukan oleh departemen pemasaran tersebut antara lain adalah dengan melakukan digital marketing. Lalu, sebenarnya apa saja pengaruh Digital Marketing dalam dunia usaha? Simak, penjelasannya berikut ini ya :

1. Mempererat Hubungan dengan Konsumen

Berdasarkan data yang dihimpun pada tahun 2018 oleh Asosiasi Penyedia Jasa Layanan Internet Indonesia (APJII) sekitar 64,8 % penduduk di Indonesia terhubung ke internet. Itu menandakan bahwa lebih dari separuh masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk melakukan berbagai hal termasuk untuk melakukan komunikasi secara online.

Dengan menerapkan Digital Marketing secara tidak langsung Anda akan semakin mempererat hubungan Anda dengan konsumen. Contohnya saja, Anda membangun akun resmi perusahaan Anda di Instagram. Instagram yang Anda gunakan sebagai salah satu media Digital Marketing tersebut akan berfungsi layaknya sebuah jembatan yang menjadi penghubung antara Anda dengan konsumen.

Anda bisa melakukan Q n A atau sesi Tanya Jawab dengan konsumen Anda melalui instagram. Mempelajari apa saja keluhan dan masukan mereka dan saling berinteraksi dengan mereka. Adanya hubungan timbal balik yang positif ini akan semakin mempererat kepercayaan dan hubungan Anda dengan para pelanggan.

Sering-seringlah melakukan interaksi dan jawablah pertanyaan pelanggan sebaik mungkin. Pelanggan atau konsumen yang merasa terabaikan biasanya akan beralih ke produk lain dan tentu saja hal ini akan berakibat sangat buruk untuk perkembangan bisnis Anda ke depannya.

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Pemasaran yang dilakukan secara offline memiliki cukup banyak kekurangan, salah satunya adalah batasan jangkauannya yang biasanya lebih sempit. Manfaat adanya penerapan Digital Marketing ini yang kedua adalah mampu menjangkau target pasar yang lebih luas.

Anda bisa menjangkau konsumen Anda yang berada di luar kota bahkan luar negeri sekalipun. Konten online yang Anda sebarkan juga bisa diakses di mana pun dan kapan pun sehingga konsumen juga akan lebih mudah mendapatkan informasi seputar produk atau jasa yang Anda tawarkan.

3. Murah

Manfaat Digital Marketing kedua adalah murah dalam segi biaya. Anda bisa menginstal beberapa aplikasi Digital Marketing secara gratis, membuka akun sosial media secara gratis, mengelolanya dengan mudah menggunakan beberapa tools yang bisa Anda gunakan secara gratis dan bisa mempostingnya selama mungkin dengan gratis di sosial media.

Meskipun tak semuanya gratis, namun Anda bisa menghemat lebih banyak biaya dengan melakukan pemasaran secara digital ini. Anda juga bisa menggunakan opsi Iklan yang ditawarkan oleh beberapa platform sosial media. Harganya pun cukup terjangkau.

Ilmu Digital Marketing adalah salah satu jenis ilmu “mahal” yang sangat berharga. Apabila Anda bisa mempelajari dan memahaminya maka hal tersebut akan sangat memengaruhi kesuksesan bisnis Anda ke depannya.

 

Itulah 3 Manfaat Digital Marketing yang bisa kita bahas kali ini. Selain 3 di atas, masih ada banyak sekali Manfaat Digital Marketing yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengaplikasikannya dengan benar.

Oleh: Ika SR
Source: Bizpro.id